7 Suku Cadang Yang Wajib di Ganti Secara Rutin

Suku cadang Mobil adalah komponen yang perlu diganti secara teratur. Hal ini karena sangat mempengaruhi kinerja kendaraan yang Anda gunakan sehari-hari. Dengan perawatan yang baik dan benar, mobil akan selalu  dalam kondisi prima. Sebagai pengguna kendaraan, kita  tidak perlu takut mengalami situasi yang tidak menyenangkan seperti mogok di tengah jalan. Jadi, suku cadang mobil mana yang sering diganti?Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum merawat mobilnya dengan baik, karena pemilik kendaraan hanya melakukan service rutin, mengganti rem dan mengisi baterai agar mobil tetap dalam kondisi optimal, perlu membayar perhatian ke bagian lain.

Filter oli Dan Oli Mesin

Kedua suku cadang tersebut memiliki umur yang relatif pendek karena tingkat stresnya yang cukup tinggi, terutama pada mobil yang banyak digunakan setiap hari dan melakukan perjalanan jarak jauh. Sedangkan filter oli berfungsi sebagai penyaring karbon dan kotoran yang dihasilkan oleh gesekan mesin sebelum oli mesin menyebar kemana-mana. Pabrikan mobil merekomendasikan penggantian oli mesin segera di mobil baru pada 1.000 km pertama, kemudian filter oli dan oli mesin diganti secara rutin setiap 10.000 km.

Busi

Busi merupakan suku cadang yang berukuran kecil namun berdampak besar terhadap performa mobil. Fungsi busi adalah menyalakan api untuk menciptakan pembakaran di ruang mesin. Jika busi bermasalah maka akan mengakibatkan pembakaran di ruang mesin menjadi tidak maksimal dan konsumsi bahan bakar menjadi boros.Setiap  20.000 kilometer pemakaian, disarankan untuk mengganti busi dengan yang baru. Sehingga pembakaran lebih sempurna dan mobil bersirkulasi dengan nyaman.

Filter Udara

Benar, filter udara dibersihkan selama perawatan rutin dan dapat dilakukan  secara berkala secara mandiri. Namun, penting untuk diingat bahwa filter udara memiliki batasan usia dan harus diganti. Pembersihan filter udara secara teratur dapat membantu menghemat  bahan bakar. Karena fungsinya untuk menyaring debu dan kotoran dari udara luar yang akibat polusinya membuat suplai udara ke ruang bakar menjadi sulit.Secara umum,  filter udara harus diganti setiap 40.000 kilometer dan kemudian dibersihkan setiap 10.000 kilometer.

Kanvas Rem

Untuk part ini  banyak yang tahu kalau perlu sering diganti, idealnya kampas rem harus diganti setelah jarak tempuh 50.000-105.000 kilometer, dipakai 3 tahun dan tidak  lebih dari 5 tahun.Sebagai salah satu suku cadang mobil yang paling sering diganti, Anda perlu memperhatikan berapa lama bantalan rem digunakan: mobil dengan bodi kecil akan bertahan lebih lama daripada mobil  besar.

Ban Mobil

Pada kenyataannya, tidak ada pedoman khusus untuk mengganti ban mobil karena setiap penggunaan berbeda. Segera ganti ban jika terasa aus dan licin saat digunakan.

Karet Wiper

Karet bilah wiper berguna sebagai penyapu atau pengering air yang menempel pada kaca depan. Bekerja dengan squeegee sangat diperlukan untuk berkendara di musim hujan agar pemandangan tetap terlihat jelas. Suku cadang ini harus diganti setiap 2 tahun. Jadi cobalah untuk berkonsultasi dengan buku servis kendaraan Anda dan tebak apakah ada yang perlu diganti mulai sekarang atau memang belum waktunya.

Aki Mobil

Aki mobil merupakan suku cadang yang menjadi sumber tenaga agar komponen lain dapat berfungsi dengan baik.Umumnya aki mobil diganti secara berkala setiap 23 tahun sekali.

Itulah beberapa suku cadang mobil yang harus rutin diganti dan di service rutin sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Suku cadang Mobil adalah komponen yang perlu diganti secara teratur. Hal ini karena sangat mempengaruhi kinerja kendaraan yang Anda gunakan sehari-hari. Dengan perawatan yang baik dan benar, mobil akan selalu  dalam kondisi prima. Sebagai pengguna kendaraan, kita  tidak perlu takut mengalami situasi yang tidak menyenangkan seperti mogok di tengah jalan. Jadi, suku cadang mobil mana…