5 Tips Merawat Motor yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Motor adalah salah satu jenis kendaraan terbanyak dipakai terutama di Negara kita sendiri. Kendaraan yang dapat membuat kita bisa pergi ke tempat-tempat tertentu seperti sekolah hingga kantor ini sangat membantu kehidupan kita.

Tak hanya itu, harga motor juga jauh lebih terjangkau dari mobil dalam segi harga beli hingga harga untuk perawatannya. Tentunya sudah ada beberapa dari kalian sudah memiliki kendaraan bermotor ini di rumah kalian.

Tak hanya digunakan, motor juga harus sering diperhatikan dan dirawat agar menghindari umur yang pendek untuk motor kalian.

Namun, mungkin beberapa dari kalian tidak memahami langkah apa yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan motor. Simak berikut

1. Cuci Motor Keseluruhan

Tak harus ke bengkel, mencuci motor ini bisa dilakukan sendiri dirumah dan tidak sulit. Selain lebih murah, mencuci sendiri juga pasti terasa lebih bersih dibandingkan di bengkel.

Namun, dalam mencuci motor tidak bisa menggunakan sabun biasa atau sabun mandi yang biasa kalian pakai. Gunakanlah sabun khusus untuk kendaraan.

Jika kalian memaksakan untuk menggunakan sabun biasa, malah hanya akan mengakibatkan lecet pada body motor atau cat warna pada motor menjadi kusam.

2. Perhatikan Kondisi Oli

Oli pada motor biasanya disarankan setiap 2 hingga 3 bulan sekali untuk penggunaan berat atau juga bisa bergantung pada jarak tempuh.

2.500 hingga 3000 meter idealnya sudah mengganti oli yang baru agar tidak merusak komponen yang ada pada dalam mesin.

Nah, untuk menggantinya sendiri kamu bisa melakukannya dirumah dan caranya cukup mudah. Bukalah tutup oli secara perlahan dan melepaskan sumbatannya dan jangan lupa untuk meletakkan wadah seperti bak kecil dibawahnya untuk menampung oli bekas.

Carilah oli yang sesuai dengan sepeda motormu agar meminimalisir terjadinya ketidakcocokan pada oli dengan mesin.

3. Berikan Pelumas pada Bagian Tertentu

Sering kali kita membiarkan motor terkena guyuran hujan, hal ini dapat mempengaruhi komponen utama pada motor yang terbuat dari besi mengalami karatan. Contohnya seperti rantai motor.

Untuk menghindari terjadinya karat pada bagian motor, kamu bisa memberikan pelumas yang dapat mempertahankan kondisi serta kinerja komponen-komponen tersebut.

Selain itu, zat asam yang dibawa oleh air hujan pun lebih dapat terhindarkan karena adanya pelumas ini jika motor kamu sering kehujanan.

4. Cek Kondisi Rantai Motor

Cobalah sesekali nyalakan motor dan dengarkan suara yang berasal dari rantai, jika rantai mu berbunyi berarti kamu mengetahui masalah yang sebenarnya sedang terjadi pada motor mu.

Rantai motor yang berbunyi biasanya adalah karena kurangnya pelumas pada motor kamu. Namun, ada juga beberapa faktor lain seperti kendur atau terlalu kencang yang dapat menimbulkan bunyi aneh saat digunakan.

5. Cek Kondisi Ban Depan dan Belakang

Kondisi ban juga sangat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Tekanan ban motor yang terlalu tinggi dapat membuatnya mudah pecah saat digunakan untuk berkendara dan tentunya sangat membahayakan.

Kondisi pengereman juga berpengaruh jika tekanan ban motor yang terlalu rendah yang membuat rem tidak terasa pakem.

Selain itu, permukaan ban motor yang mulai licin juga sangat berbahaya. Jika dirasa ban sudah terasa licin atau aus maka segeralah menggantinya dengan ban yang baru.

Nah, sekian adalah 5 tips merawat motor yang bisa kamu lakukan sendiri. Tentunya selain menjaga umur dari motor kamu, kenyamanan saat berkendara juga akan sangat berasa jika kamu sering melakukan perawatan pada motor kamu.

Motor adalah salah satu jenis kendaraan terbanyak dipakai terutama di Negara kita sendiri. Kendaraan yang dapat membuat kita bisa pergi ke tempat-tempat tertentu seperti sekolah hingga kantor ini sangat membantu kehidupan kita. Tak hanya itu, harga motor juga jauh lebih terjangkau dari mobil dalam segi harga beli hingga harga untuk perawatannya. Tentunya sudah ada beberapa…